BAB
I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
MASALAH
menjadi dalam kehidupan masyarakat
Indonesia. Banyak pengaruh yang dihasilkan dari adanya perkembangan teknologi.
Tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari tapi juga akan mengubah mindset
masyarakat indonesia pada umumnya.
Perkembangan sistem informasi dalam
kehidupan manusia seiring dengan peradaban manusia itu sendiri sampai akhirnya
mengenal istilah Teknologi Informasi (IT). Dimulai dari bentuk gambar yang tak bermakna
pada dinding – dinding, prasasti – prasasti, sampai informasi yang kemudian
dikenal dengan nama internet. Informasi yang dikekola dan disampaikan juga
terus dikembangkan, dari informasi yang sederhana seperti sekedar
menggambarkan suatu keadaan, sampai pada informasi strategis tentang segala
hal. Dari internet kita bisa mendapatkan informasi yang sangat penting.
Jika dilihat dari
kacamata sejarah, Teknologi Informasi sesungguhnya sudah mulai
dikenal manusia sejak beratus-ratus berabad-abad lalu. Sejak manusia diciptakan
di muka bumi ini, manusia sudah Perkembangan teknologi
saat ini semakin mulai
mencoba berkomunikasi dengan symbol-simbol dan isyarat. Hal ini merupakan
titik awal perkembangan Teknologi Informsi. Manusia yang lebih maju dan modern mampu
berkomunikasi secara lisan dan mulai mampu mendokumentasikan informasi dalam
bentuk tulisan dan ukiran baik dalam bentuk simbol maupun gambar.
sejarah perkembangan teknologi
komunikasi bisa dilihat dari sebelum masa zaman prasejarah sampai sekarang ini.
Teknologi informasi sangat penting dalam
kehidupan manusia oleh sebab itu setiap zamannya mengalami perkembangan sesuai
zaman pada saat itu. Dibawah ini sedikit tentang fase – fase perkembangan
teknologi pada masa modern (th 1400-sekarang)
1. Tahun 1945
Johan
guntenberg mengembangkan mesin cetak yang menggunakan plat huruf terbuat dari
besi yang dapat diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu.
2.
Tahun 1830
Augusta Lady Byron bekerja sama dengan Charles Babbage mereka
menulis program komputer menggunakan mesin analytical. Alat ini didesain mampu
memasukkan data, mengola data, dan menghasilkan keluaran dalam sebuah kartu.
Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital.
3.
Tahun 1837
Samuel Morse bersama William Cook dan Charles Wheatstone
mengembangkan telegraf dan bahasa kode .
4.
Tahun 1861
Ditemukannya
proyektor yang dulunya disebut dengan layar tancap.
5.
Tahun 1876
Melvyl
Dewey mengembangkan sistem penulisan desimal.
6.
Tahun 1877
a) Alexander
Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon yang digunakan pertama kali
secara umum.
b) Edward
Maybridge menemukan fotografi dengan kecepatan tinggi.
7.
Tahun 1899
Dipergunakanny system penyimpanan dalam tape (pita) magnetis
yang penyimpananyya masih bersifat analog bukan digital.
8.
Tahun 1923
Zvorkyn pertama kali
menciptakan tabung TV.
9.
Tahun 1940
Berkembangnya
pengetahuan dalam bidang informasi pada masa perang dunia 2 yang digunakan
untuk pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam
bentuk magnetic tape.
10. Tahun
1945
Vannevar Bush
mengembangkan sistem pengkodean menggunakan hypertext.
11. Tahun
1946
Pada tahun ini komputer digital
pertama kali dikembangkan didunia walaupun masih belum banyak pemakainnya
seperti sekarang ini.
12. Tahun
1948
Mulai
dikembangkannya Transistor oleh para peneliti di Bell Telephone.
13. Tahun
1957
a) Jean Hoerni mengembangkan transistor
planar.
b) USSR (Rusia pada saat itu) meluncurkan
Sputnik sebagai satelit bumi buatan pertama yang bertugas sebagai
mata-mata.Sebagai balasannya Amerika membentuk Advance Research Projects Agency
(ARPA) di bawah kewenangan Departemen Pertahanan Amerika untuk mengembangkan
ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam bidang militer.
14. Tahun
1972
Ray
Tomlinson menciptakan program E-mail pertama yang digunakan untuk berkomunikasi
jarak jauh.
15. Tahun 1973-1990
Istilah internet
diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP kemudian dilakukan
pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian dikenal dengan nama TCP/IP
yang dikembangkan oleh grup dari DARPA. Dari sinilah pengembangan-pengembangan
terjadi dan terciptala sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi diantaranya
: DARPA, ARPANET, DON dan internet Gateway.
16. Tahun
1991-Sekarang
Pada
tahun 1993 istilah World Wide Web (WWW) diperkenalkan. Pada tahun 1994 pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat
dan mulai merambah kedalam segala segi kehidupan manusia dan menjadi bagian
yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.
Dan dari semua
perkembangan teknologi setiap zamannya semakin canggih begitupun masa sekarang.
Semakin canggih teknologi komunikasi semakin banyak pula pengaruh – pengaruh
dalam kehidupan manusia didalamnya. Pengaruh tersebut tak hanya negatif tapi
juga positif. Manusia sendiri juga tidak bisa dipisahkan dari kebutuhannya
untuk berkomunikasi karena manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup
sendiri dan haruz berinteraksi dengan manusia lainnya. Karena kebutuhan
tersebut itulah manusia selalu mencoba untuk mengembangkannya agar
memudahkannya dalam berkomunikasi.
Perkembangan
teknologi tidak hanya terjadi pada internet saja tapi juga pada gadget
handphone atau yang lainnya. Handphone yang dulunya hanya bisa buat telepon aau
sms saja sekarang banyak fitur yang ada dalam handphone. Dari kita bisa membuka
internet lewat handphone atau kita bisa nonton televisi lewat handphone.
Handphone sekarang lebih bermulti bahkan banyak fungsi.
Perkembangan
teknologi banyak mengikis budaya – budaya kita. Dulu sebelum perkembangan
teknologi lebih pesat kita lebih bisa berinteraksi dengan orang secara langsung
jika perlu dengan orang tersebut tapi dengan perkembangan teknologi berupa
handphone kita tak harus bertemu dengan orang tersebut tapi melalui handphone
kita bisa berkomunikasi dengan orang tersebut tanpa harus bertemu dengannya.
Karena
perkembangan teknologi saya rasa menarik untuk dibahas, diteleti dan dijadikan bahan makalah maka saya mencoba
menulis makalah ini mengenai “Pengaruh penggunaan internet terhadap perilaku
remaja"
A. B. RUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang diatas
dapat diuraikan :
1. Adakah pengaruh – pengaruh
kepada masyarakat tentang adanya perkembangan teknologi saat ini?
2. Adakah cara untuk
menjadikan perkembangan teknologi ini lebih banyak manfaatnya untuk masyarakat
indonesia?
B. C. TUJUAN PENELITIAN
1. Untuk mengetahui seberapa
besar dampak dari perkembangan teknologi terhadap masyarakat indonesia
khususnya sidoarjo.
2. Untuk mengetahui manfaat –
manfaat yang dihasilkan oleh teknologi sekarang terhadap masyarakat.
3. Untuk mengetahui manafat
dari perkembangan teknologi.
4.
Untuk mamberikan informasi tentang perkembangan teknologi
sekarang.
C. D. MANFAAT PENELITIAN
1. Manfaat praktis
Diharapkan penelitian ini dapat memberikan dan bermanfaat bagi
pembaca untuk mengetahui pengaruh dari perkembangan teknologi yang semakin lama
semakin maju.
2. Manfaat akademis
Penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi berupa
pemikiran mengenai perkembangan teknologi terutama bidang teknologi dan
informasi.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
Dalam penelitian kali
saya mengambil teori model USES & GRATIFICATIONS.riset uses and
gratification berangkat dari pandangan bahwa komunikasi ( khususnya media massa
tidak mempunyai kekuatan mempengaruhi khalayak. Inti teori uses and
gratifications adalah khalayak pada dasarnya menggunakan media massa
berdasarkan motif – motif tertentu. Media dianggap berusaha memenuhi motif
khalayak. Jika motif itu terpenuhi maka kebutuhan khalayak juga terpenuhi. Pada
akhirnya, media yang dianggap memenuhi kebutuhan khalayak disebut media yang
efektif.
Dari penelitian saya, saya
berpendapat bahwa internet adalah media yang efektif. Karena internet sebagian
besar bisa memenuhi kebutuhan khalayak tentang segala informasi baik didalam
negeri maupun luar negeri. Meskipun disadari behwa media yang efektif tidak
hanya selalu berdampak baik untuk khalayak tapi juga bisa berdampak buruk.
Salah satu macam riset uses and
gratifications yang saat ini berkembang adalah yang dibuat oleh PHILIP
PALMGREEN dari Kentucky University. Kebanyakan riset uses and gratifications
memfokuskan pada motif sebagai variabel independen yang mempengaruhi penggunaan
media. Palmgreen kendati juga menggunakan dasar yang sama yaitu orang
menggunakan media didorong oleh motif-motif tertentu.
Ada berbagai macam riset yang
berangkat dari model uses and gratificationsini. Misalnya, penelitian : “motif
membaca memorandum”;”Pengaruh tingkat pendidikan terhadap frekuensi menonton
berita”;”Korelasi tingkat ekonomi dengan preferensi terhadap program
TV”,”Preferensi Ibu Rumah tangga dalam menonton TV”,”Pengaruh motif hiburan
terhadap pilihan jenis media”.
Dalam penelitian saya kali ini
memang saya tidak membahas tentang motif khalayak dalam menggunakan media
internet tapi saya lebih fokus dalam pengaruh yang dihasilkan oleh media
internet untuk masyarakat khususnya remaja. Meskipun sebenarnya pengaruh
internet tidak hanya dirasakan oleh remaja saja melainkan anak-anak atau bahkan
orang tua. Dalam dalam penelitian saya kali ini saya lebh fokus pada remaja.
Pengaruh – pengaruh yang dihasilkan
oleh media internet adalah :
1. Pengaruh positif
1. Pengaruh positif
v Dengan adanya media internet remaja khususnya yang masih sekolah
atau kuliah mereka bisa mengakses materi pendidikannya lewat internet jadi
mereka tak hanya berfokus pada guru, dosen ataupun buku saja tapi mereka bisa
menambah pengetahuannya melalui internet.
v Dengan adanya media internet remaja yang masih sekolah atau
kuliah bisa diuntungkan apabila tidak mempunyai banyak waktu untuk bertatap
muka dengan pengajarnya tapi dengan jasa internet proses pembelajaran bisa
dilakukan tanpa harus bertatap muka dengan pengajarnya.
v Dengan internet remaja mahasiswa atau pelajar tidak perlu mengeluarkan
banyak biaya untuk mengerjakan tugasnya dengan mengeprint atau memfotocopy tapi
dia bisa mengirim tugasnya melalui internet yaitu e-mail.
v Dengan internet remaja bisa mempunyai banyak teman untuk
berdiskusi dari penjuru dunia yaitu melalu facebook atau tweeter.
v Dengan adanya internet remaja bisa mempunyai banyak pengetahuan.
Karena internet adalah salah satu sumber ilmu.
2. Pengaruh Negatif
v Pornografi dalam kalangan remaja semakin banyak dengan adanya
media internet. Internet memang identik dengan pornografi dengan kemampuan yang
dimiliki internet ponografi pun merajalela. Meskipun ada larangan dari
pemerintah agar tidak diakses tapi tetap saja masih bisa diakses bahkan
didownload. Terbukti semakin tahun pornografi semakin tahun semakin besar.
v Internet juga bisa mengakibatkan adanya kekerasan. Karena
diinternet juga bisa diakses gambar atau video kekerasan yang bisa menimbulkan
dorongan kepada pengakses untuk melakukannya.
v Dengan internet mahasiswa atau pelajar bisa saja melakukan
penipuan terhadap pengajarnya. Dengan mengerjakan tugasnya dengan copy paste
milik orang lain yang bisa diakses lewat internet. Dan itu bisa mengakibatkan
kemalasan untuk berfikir karena merasa semua bisa diakses lewat internet.
v Para siswa atau pelajar lebih malas belajar. Apalagi jika mereka
mempunyai laptop yang dilengkapi dengan modem. Mereka akan malas belajar dan
akan lebih mementingkan chating, facebook atau game online nya saja.
v Kebocoran soal ujian yang bisa mengakibatkan siswa meremehkan
soal ujian.
v Adanya penyalahgunaan pengolaan data yang menggunakan teknologi.
Dengan adanya pengolaan data dengan sistem teknologi, sering kali adanya
kecurangan dalam melakukan analisis data hasil penelitian yang dilakukan oleh
siswa bahkan mahasiswa. Ini dilakukan hanya untuk kepentingan pribadi dengan
mengabaikan kebenaran hasil penelitian.
v Remaja akan menghabiskan banyak waktunya
untuk bermain game, facebook, tweetwr, atau chatting dan itu bisa mengakibatkan
mereka malas belajar dan akan berdampak pada pendidikan mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar