TUGAS


BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
            menjadi dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Banyak pengaruh yang dihasilkan dari adanya perkembangan teknologi. Tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari tapi juga akan mengubah mindset masyarakat indonesia pada umumnya.
            Perkembangan sistem informasi dalam kehidupan manusia seiring dengan peradaban manusia itu sendiri sampai akhirnya mengenal istilah Teknologi Informasi (IT). Dimulai dari bentuk gambar yang tak bermakna pada dinding – dinding, prasasti – prasasti, sampai informasi yang kemudian dikenal dengan nama internet. Informasi yang dikekola dan disampaikan juga terus dikembangkan, dari informasi yang sederhana seperti sekedar  menggambarkan suatu keadaan, sampai pada informasi strategis tentang segala hal. Dari internet kita bisa mendapatkan informasi yang sangat penting.
            Jika dilihat dari kacamata sejarah, Teknologi Informasi  sesungguhnya sudah mulai dikenal manusia sejak beratus-ratus berabad-abad lalu. Sejak manusia diciptakan di muka bumi ini, manusia sudah Perkembangan teknologi saat ini semakin mulai mencoba berkomunikasi dengan symbol-simbol dan isyarat. Hal ini merupakan titik awal perkembangan Teknologi Informsi. Manusia yang lebih maju dan modern mampu berkomunikasi secara lisan dan mulai mampu mendokumentasikan informasi dalam bentuk tulisan dan ukiran baik dalam bentuk simbol maupun gambar.
            sejarah perkembangan teknologi komunikasi bisa dilihat dari sebelum masa zaman prasejarah sampai sekarang ini. Teknologi informasi sangat penting  dalam kehidupan manusia oleh sebab itu setiap zamannya mengalami perkembangan sesuai zaman pada saat itu. Dibawah ini sedikit tentang fase – fase perkembangan teknologi pada masa modern (th 1400-sekarang)
1.      Tahun 1945
Johan guntenberg mengembangkan mesin cetak yang menggunakan plat huruf terbuat dari besi yang dapat diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu.
2.      Tahun 1830
Augusta Lady Byron bekerja sama dengan Charles Babbage mereka menulis program komputer menggunakan mesin analytical. Alat ini didesain mampu memasukkan data, mengola data, dan menghasilkan keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital.
3.      Tahun 1837
Samuel Morse bersama William Cook dan Charles Wheatstone mengembangkan telegraf dan bahasa kode .
4.      Tahun 1861
Ditemukannya proyektor yang dulunya disebut dengan layar tancap.
5.       Tahun 1876
Melvyl Dewey mengembangkan sistem penulisan desimal.
6.      Tahun 1877
a)   Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon yang digunakan pertama kali secara umum.
b)   Edward Maybridge menemukan fotografi dengan kecepatan tinggi.
7.      Tahun 1899
Dipergunakanny system penyimpanan dalam tape (pita) magnetis yang penyimpananyya masih bersifat analog bukan digital.
8.      Tahun 1923
Zvorkyn pertama kali menciptakan tabung TV.
9.      Tahun 1940
Berkembangnya pengetahuan dalam bidang informasi pada masa perang dunia 2 yang digunakan untuk pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape.
10.  Tahun 1945
Vannevar Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan hypertext. 
11.  Tahun 1946
Pada tahun ini komputer digital pertama kali dikembangkan didunia walaupun masih belum banyak pemakainnya seperti sekarang ini.
12.  Tahun 1948
Mulai dikembangkannya Transistor oleh para peneliti di Bell Telephone.
13.  Tahun 1957
a)  Jean Hoerni mengembangkan transistor planar.
b)  USSR (Rusia pada saat itu) meluncurkan Sputnik sebagai satelit bumi buatan pertama yang bertugas sebagai mata-mata.Sebagai balasannya Amerika membentuk Advance Research Projects Agency (ARPA) di bawah kewenangan Departemen Pertahanan Amerika untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam bidang militer.
14.  Tahun 1972
Ray Tomlinson menciptakan program E-mail pertama yang digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh.
15.   Tahun 1973-1990
Istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian dikenal dengan nama TCP/IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA. Dari sinilah pengembangan-pengembangan terjadi dan terciptala sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi diantaranya : DARPA, ARPANET, DON dan internet Gateway.
16.  Tahun 1991-Sekarang
Pada tahun 1993 istilah World Wide Web (WWW) diperkenalkan. Pada tahun 1994 pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah kedalam segala segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.
            Dan dari semua perkembangan teknologi setiap zamannya semakin canggih begitupun masa sekarang. Semakin canggih teknologi komunikasi semakin banyak pula pengaruh – pengaruh dalam kehidupan manusia didalamnya. Pengaruh tersebut tak hanya negatif tapi juga positif. Manusia sendiri juga tidak bisa dipisahkan dari kebutuhannya untuk berkomunikasi karena manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan haruz berinteraksi dengan manusia lainnya. Karena kebutuhan tersebut itulah manusia selalu mencoba untuk mengembangkannya agar memudahkannya dalam berkomunikasi.
            Perkembangan teknologi tidak hanya terjadi pada internet saja tapi juga pada gadget handphone atau yang lainnya. Handphone yang dulunya hanya bisa buat telepon aau sms saja sekarang banyak fitur yang ada dalam handphone. Dari kita bisa membuka internet lewat handphone atau kita bisa nonton televisi lewat handphone. Handphone sekarang lebih bermulti bahkan banyak fungsi.
            Perkembangan teknologi banyak mengikis budaya – budaya kita. Dulu sebelum perkembangan teknologi lebih pesat kita lebih bisa berinteraksi dengan orang secara langsung jika perlu dengan orang tersebut tapi dengan perkembangan teknologi berupa handphone kita tak harus bertemu dengan orang tersebut tapi melalui handphone kita bisa berkomunikasi dengan orang tersebut tanpa harus bertemu dengannya.
            Karena perkembangan teknologi saya rasa menarik untuk dibahas, diteleti  dan dijadikan bahan makalah maka saya mencoba menulis makalah ini mengenai “Pengaruh penggunaan internet terhadap perilaku remaja"

A.                B. RUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang diatas dapat diuraikan :
1.      Adakah pengaruh – pengaruh kepada masyarakat tentang adanya perkembangan teknologi saat ini?
2.      Adakah cara untuk menjadikan perkembangan teknologi ini lebih banyak manfaatnya untuk masyarakat indonesia?

B.                 C.    TUJUAN PENELITIAN
1.      Untuk mengetahui seberapa besar dampak dari perkembangan teknologi terhadap masyarakat indonesia khususnya sidoarjo.
2.      Untuk mengetahui manfaat – manfaat yang dihasilkan oleh teknologi sekarang terhadap masyarakat.
3.      Untuk mengetahui manafat dari perkembangan teknologi.
4.      Untuk mamberikan informasi tentang perkembangan teknologi sekarang.

C.                 D.  MANFAAT PENELITIAN
1.      Manfaat praktis
Diharapkan penelitian ini dapat memberikan dan bermanfaat bagi pembaca untuk mengetahui pengaruh dari perkembangan teknologi yang semakin lama semakin maju.
2.      Manfaat akademis
Penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi berupa pemikiran mengenai perkembangan teknologi terutama bidang teknologi dan informasi.

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
          Dalam penelitian kali saya mengambil teori model USES & GRATIFICATIONS.riset uses and gratification berangkat dari pandangan bahwa komunikasi ( khususnya media massa tidak mempunyai kekuatan mempengaruhi khalayak. Inti teori uses and gratifications adalah khalayak pada dasarnya menggunakan media massa berdasarkan motif – motif tertentu. Media dianggap berusaha memenuhi motif khalayak. Jika motif itu terpenuhi maka kebutuhan khalayak juga terpenuhi. Pada akhirnya, media yang dianggap memenuhi kebutuhan khalayak disebut media yang efektif.
            Dari penelitian saya, saya berpendapat bahwa internet adalah media yang efektif. Karena internet sebagian besar bisa memenuhi kebutuhan khalayak tentang segala informasi baik didalam negeri maupun luar negeri. Meskipun disadari behwa media yang efektif tidak hanya selalu berdampak baik untuk khalayak tapi juga bisa berdampak buruk.
            Salah satu macam riset uses and gratifications yang saat ini berkembang adalah yang dibuat oleh PHILIP PALMGREEN dari Kentucky University. Kebanyakan riset uses and gratifications memfokuskan pada motif sebagai variabel independen yang mempengaruhi penggunaan media. Palmgreen kendati juga menggunakan dasar yang sama yaitu orang menggunakan media didorong oleh motif-motif tertentu.
            Ada berbagai macam riset yang berangkat dari model uses and gratificationsini. Misalnya, penelitian : “motif membaca memorandum”;”Pengaruh tingkat pendidikan terhadap frekuensi menonton berita”;”Korelasi tingkat ekonomi dengan preferensi terhadap program TV”,”Preferensi Ibu Rumah tangga dalam menonton TV”,”Pengaruh motif hiburan terhadap pilihan jenis media”.
            Dalam penelitian saya kali ini memang saya tidak membahas tentang motif khalayak dalam menggunakan media internet tapi saya lebih fokus dalam pengaruh yang dihasilkan oleh media internet untuk masyarakat khususnya remaja. Meskipun sebenarnya pengaruh internet tidak hanya dirasakan oleh remaja saja melainkan anak-anak atau bahkan orang tua. Dalam dalam penelitian saya kali ini saya lebh fokus pada remaja.
            Pengaruh – pengaruh yang dihasilkan oleh media internet adalah :
   1.     Pengaruh positif
v  Dengan adanya media internet remaja khususnya yang masih sekolah atau kuliah mereka bisa mengakses materi pendidikannya lewat internet jadi mereka tak hanya berfokus pada guru, dosen ataupun buku saja tapi mereka bisa menambah pengetahuannya melalui internet.
v  Dengan adanya media internet remaja yang masih sekolah atau kuliah bisa diuntungkan apabila tidak mempunyai banyak waktu untuk bertatap muka dengan pengajarnya tapi dengan jasa internet proses pembelajaran bisa dilakukan tanpa harus bertatap muka dengan pengajarnya.
v  Dengan internet remaja mahasiswa atau pelajar tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mengerjakan tugasnya dengan mengeprint atau memfotocopy tapi dia bisa mengirim tugasnya melalui internet yaitu e-mail.
v  Dengan internet remaja bisa mempunyai banyak teman untuk berdiskusi dari penjuru dunia yaitu melalu facebook atau tweeter.
v  Dengan adanya internet remaja bisa mempunyai banyak pengetahuan. Karena internet adalah salah satu sumber ilmu.
2.    Pengaruh Negatif
v  Pornografi dalam kalangan remaja semakin banyak dengan adanya media internet. Internet memang identik dengan pornografi dengan kemampuan yang dimiliki internet ponografi pun merajalela. Meskipun ada larangan dari pemerintah agar tidak diakses tapi tetap saja masih bisa diakses bahkan didownload. Terbukti semakin tahun pornografi semakin tahun semakin besar.
v  Internet juga bisa mengakibatkan adanya kekerasan. Karena diinternet juga bisa diakses gambar atau video kekerasan yang bisa menimbulkan dorongan kepada pengakses untuk melakukannya.
v  Dengan internet mahasiswa atau pelajar bisa saja melakukan penipuan terhadap pengajarnya. Dengan mengerjakan tugasnya dengan copy paste milik orang lain yang bisa diakses lewat internet. Dan itu bisa mengakibatkan kemalasan untuk berfikir karena merasa semua bisa diakses lewat internet.
v  Para siswa atau pelajar lebih malas belajar. Apalagi jika mereka mempunyai laptop yang dilengkapi dengan modem. Mereka akan malas belajar dan akan lebih mementingkan chating, facebook atau game online nya saja.
v  Kebocoran soal ujian yang bisa mengakibatkan siswa meremehkan soal ujian.
v  Adanya penyalahgunaan pengolaan data yang menggunakan teknologi. Dengan adanya pengolaan data dengan sistem teknologi, sering kali adanya kecurangan dalam melakukan analisis data hasil penelitian yang dilakukan oleh siswa bahkan mahasiswa. Ini dilakukan hanya untuk kepentingan pribadi dengan mengabaikan kebenaran hasil penelitian.
v  Remaja akan menghabiskan banyak waktunya untuk bermain game, facebook, tweetwr, atau chatting dan itu bisa mengakibatkan mereka malas belajar dan akan berdampak pada pendidikan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar